Saturday, May 3, 2008

UAN Bocor?

Tragis
Pendidikan Indonesia bisa dikatakan semakin tragis, berdasarkan berita tanggal 26 April 2008 pukul 17.00 pada reportase investigasi di transtv membahas betapa parahnya pendidikan Indonesia saat ini. Betapa tidak, pada berita tersebut banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan jutaan rupiah dengan membuat kunci jawaban UAN. Hebat, hanya dengan waktu kurang lebih 15 menit kunci jawaban bisa langsung dikirimkan kepada pelanggan. Uniknya lagi, kunci jawaban tersebut di variasikan sedemikian rupa agar tidak ketahuan. Sungguh inovasi baru, sekarang tidak hanya "sarjana
Waduh,,, trus, yang dimana dong penerus bangsa kita yang benar-benar pintar? Sekarang, nilai bagus, tidak lagi jadi patokan kepintaran seseorang?
Bahkan pada salah satu sekolah, sebelum ujian sejumlah guru menyebarkan kunci jawaban kepada seluruh siswa peserta UAN. Kepala sekolah bersangkutan sempat menyatakan "ya klo tidak begini, dikhawatirkan siswa saya banyak yang tidak lulus. Klo siswa saya banyak yang tidak lulus saya sedih sekali".

No comments: